Web Hosting, Apa dan Bagaimana? Simak Penjelasan Berikut

web hosting

Apa itu web hosting? Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan menyewa atau membeli webserver dan bandwidth sehingga kita dapat menampilkan sebuah halaman website di Internet atau World Wide Web.

Web hosting mungkin tampak seperti sesuatu hal yang sangat sulit dan rumit, tapi sebenarnya tidak. Ada banyak sumber informasi dan referensi tentang web hosting dan bagaimana cara menggunakannya.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu tahu tentang web hosting.

Jenis Server – Apakah itu shared server, atau cloud computer, VDS (Virtual Dedicated Server) atau Dedicated Server full-blown (kombinasi dari banyak dedicated server untuk beberapa website), kita perlu untuk mempelajari beberapa hal tentang tingkatan web hosting yang ada saat ini.

Bandwidth – Sementara hal ini tidak menjadi masalah bagi kebanyakan orang yang membutuhkan web hosting, jika kita memiliki banyak konten audio atau video, mungkin kita akan memiliki bandwidth atau throughput yang terbatas. Jadi, jika kita menjalankan situs yang memiliki file besar, kita harus menghitung berapa banyak bandwidth yang kita butuhkan setiap bulan.

Nama Domain – Ini adalah alamat untuk web hosting kita. Apakah itu sebuah ekstensi .com, .org, .net, atau TLD (Top Level Domains) lainnya, kita memerlukan satu nama domain untuk web hosting.

Sebenarnya ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan dari web hosting dan domain. Seperti yang kita tahu bahwa nama domain akan diarahkan ke IP address. IP address adalah serangkaian empat nomor yang mewakili alamat dari mesin fisik tempat website kita berada. Untuk memudahkan akses, dibuatlah sebuah nama domain. Setelah membeli domain, kita bisa mengarahkannya ke alamat IP apapun (webserver) yang kita miliki.

Berikut beberapa tips untuk nama domain:

Lakukan penelitian – Kita harus meluangkan waktu untuk menemukan nama domain terbaik. Ada banyak situs dan tools yang dapat digunakan untuk memilih nama domain yang bagus, seperti MakeWords.com dan JustDropped.com

Gunakan Kupon – Harga domain di Indonesia bekisar 100 hingga 120 ribu per tahun, sebagai alternatif kita bisa mencari promo kupon untuk menghemat beberapa rupiah untuk membeli domain.

Itulah beberapa hal tentang web hosting dan nama domain yang perlu kamu tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *