Tips SEO : 5 Rahasia Untuk Meningkatkan Konversi ke Web-mu

 

conversion-pay

Apakah itu bisnis startup atau perusahaan besar, konversi web sangatlah penting dalam engagement dengan konsumen dan meningkatkan loyalitas terhadap brand. Jika kamu mempelajari beberapa tips SEO untuk meningkatkan jumlah visitor ke website, kamu sudah menuju ke jalan yang benar tapi tentu visitor saja belum cukup. Brandmu mungkin masih memiliki konversi yang rendah karena kamu belum mampu membuat visitor website mengambil langkah/aksi selanjutnya dan menjadikannya konsumen sungguhan.

Meningkatkan konversi sejatinya bukanlah hal yang sulit. Ada banyak cara untuk membuat visitor websitemu tertarik untuk take action menjadi user. Coba lakukan beberapa implementasi berikut ini.

  1. Less is more

Ketika berbicara tentang desain, kuncinya adalah dengan membuatnya tetap simpel. Beberapa platform website membuatnya mudah untuk disisipkan berbagai gambar, calls to action, tab navigasi, dan bahkan form. Namun menjejalkan semua fungsi itu ke dalam website hanya akan membuat calon konsumenmu justru ‘ilfil’. Visitor website akan menyukai jika web didesain dengan tujuan yang jelas dan didesain dengan alur untuk memudahkan mereka mencerna konten-konten yang dimuat. Namun akan sulit jika desain webmu berantakan. Navigasi top bar, beberapa poin-poin informasi yang relevan, warna yang mencolok tapi tidak berlebihan, logo yang didesain dengan baik, ditambah satu atau dua gambar yang diletakkan secara strategis akan menjadi bekal yang cukup untuk menarik konsumen.

  1. Satu Call to action di setiap page

Call to action berperan sangat penting untuk membuat visitor web meningkat menjadi konsumen, apakah dengan begitu kamu harus mencantumkannya berkali-kali dalam satu halaman page webmu? Wrong. Terlalu banyak call to action dalam satu page akan membuatnya terlihat seperti spam bagi calon konsumenmu. Jika mereka mengunjungi website yang menyediakan jasa desain, contohnya, dan setiap pagenya terdapat tiga call to action yang berkata “Click here to get started,” “Try a free trial,” dan “Join now,” visitor web akan kebingungan dan justru beralih ke web penyedia jasa desain lainnya. Satu tombol call to action yang membaur dengan sempurna dalam desain websitemu adalah solusi terbaiknya.

  1. Lakukan beberapa tes

Kamu sebaiknya melakukan pengujian pada semua hal yang kamu lakukan, lakukan validasi melalui pengujian A/B split dan UX. Beberapa ahli bahkan menyarankanmu untuk melakukan “five-second test” untuk memeriksa desain secara keseluruhan. Ambil screenshot dari page website untuk mengevaluasi, tandai screenshot tersebut dengan pertanyaan seperti “button mana yang akan kamu klik lebih dulu” dan tanyakan hal itu pada beberapa orang untuk mengetahui hasilnya setelah melihat website tersebut selama lima detik. Hal-hal sederhana tersebut akan membantumu lebih memahami apa yang diinginkan visitor web untuk bisa menjadi konsumen yang akan meningkatkan konversi webmu. 

  1. Foto dan video

Populasi pada umumnya sangatlah visual. Mereka menyukai gambar dan video yang mampu menyingkat waktu membaca dan membantu mereka memvisualisasikan apa saja yang akan mereka dapatkan dari produk atau jasa yang kamu sediakan. Foto dan video memberikan rasa keakraban untuk konsumen dan membuat mereka nyaman ketika akan melakukan pembayaran atau mengkonsumsi sesuatu.

Toko offline memungkinkan konsumennya merasakan barang-barang yang dijual dengan semua indera yang dimiliki. Mereka akan menentukan pembelian produk dengan menyentuh, melihat, mencium, dan mendengar semua tentang produk tersebut sebelum membawanya ke kasir. Namun dalam website, konsumen hanya mampu melihat dan mungkin mendengar. Buat mereka merasa senyaman mungkin. Sajikan beberapa gambar dan video, jika memungkinkan, untuk membantu konsumen merasa mereka sedang merasakan produk dengan semua indera yang mereka miliki.

  1. Manfaatkan social proof

Ketika seseorang mencari sebuah produk atau servis baru, hal pertama yang akan mereka lakukan adalah bertanya ke teman-teman dan sumber lainnya yang terpercaya sebagai rekomendasi. Kamu bisa memanfaatkan keadaan ini untuk meningkatkan konversi websitemu.

Bentuk terbaik untuk pengakuan secara sosial meliputi rating/review dari konsumen, likers/shares di sosial media, sebuah simbol atau logo terpercaya, video testimoni, endorse artis, dan kegiatan PR. Banyak website yang menawarkan social proof dalam berbagai bentuk, namun mungkin tidak dilakukan dengan tepat. Mendapatkan pengakuan sosial sedini mungkin adalah salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menaikkan status visitor web menjadi konsumen. Selamat mencoba tips SEO ini ya! Good luck!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *