Tips Meningkatkan Waktu Memuat Dan Menjaga Pengunjung Situs Datang Kembali

loadtime

Apakah Anda pernah melihat bagaimana situs Anda sendiri bekerja? Sesekali, Anda perlu melihat dari sudut pandang pengunjung saat memasuki situs web Anda. Situs web perlu memuat dengan cepat, mudah dinavigasi, dan dioptimalkan untuk pengunjung situs. Kebanyakan orang tidak sabaran dan mereka tidak akan menunggu lama agar situs web Anda dimuat. Jika situs Anda lambat, maka pengunjung akan mudah untuk berpaling ke situs lain yang lebih cepat. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk meningkatkan waktu memuat dan menjaga pengunjung situs datang kembali.

  1. Buat Lebih Sederhana

Sebagian besar waktu memuat situs web dihabiskan untuk mendownload setiap elemen situs web seperti gambar, widget sidebar, dan style sheet. Pastikan setiap gambar dioptimalkan untuk web dan pencarian. Jaga jumlah elemen yang Anda miliki pada halaman situs web tertentu seminimal mungkin. Mulailah dengan menghapus elemen yang tidak menambah nilai, baik pada pengguna dan cara kerja Anda. Anda bisa melihat di Google Analytics dengan melakukan beberapa tahapan untuk mengidentifikasi item yang tampaknya kurang penting bagi pengunjung situs Anda.

  1. Bersihkan Tautan (Link) Yang Rusak

Kami tidak dapat menekankan betapa pentingnya bagi Anda untuk memeriksa tautan yang rusak di situs web secara reguler. Membersihkan tautan yang rusak akan meningkatkan SEO (Search Engine Optimization), page rank, dan waktu memuat. Selain itu, menyingkirkan link yang rusak dapat meningkatkan pengalaman pengunjung di situs Anda. Tautan yang rusak akan membuat beban yang lebih besar dan memperlambat waktu muat.

  1. Bersihkan Kode

Komputer dan manusia adalah dua hal yang membaca dengan cara yang berbeda. Manusia membaca dengan melihat kata-kata, paragraf, dan sebagainya. Sedangkan komputer, membaca dengan menggunakan kode-kode yang telah diciptakan. Salah satu cara untuk mempercepat waktu memuat situs adalah dengan membuang kelebihan kode. Hal ini bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Anda kemungkinan besar perlu menghubungi pengembang web untuk mendapatkan bantuan dalam membersihkan kode tersebut. Pastikan pengembang web Anda tidak menyertakan kode yang tidak perlu di situs web. Pastikan Anda juga tidak menambahkan kode tambahan di situs, jika Anda melakukannya sendiri.

Contoh dari hal ini adalah jika ada karakteristik tertentu yang berulang kali Anda terapkan pada teks melalui situs web. Ini disebut sebagai gaya di dunia pengembang. Dapatkan pengembang web untuk membuat gaya kustom dan masukkan ke dalam CSS. Anda bisa memasukkan satu baris kode, bukan tiga atau empat kode yang membingungkan.

  1. Optimalkan Situs Anda Untuk Perangkat Mobile

Faktanya, jika pelanggan tidak dapat melihat situs web Anda dengan cepat dan mudah dari perangkat mobile mereka, maka mereka tidak akan mengunjungi situs Anda lagi. Jika Anda tidak yakin apakah situs web Anda sudah dioptimalkan untuk perangkat mobile, Anda dapat melakukan pengujian menggunakan tools milik Google. Anda mungkin memiliki elemen visual di situs web yang ingin disimpan oleh pengunjung melalui desktop, namun ini dapat berubah jika disimpan melalui perangkat mobile. Untuk itu, Anda perlu mengoptimalkan situs untuk desktop maupun perangkat mobile. Ini akan meningkatkan pengalaman bagi pengunjung situs dan membuat mereka tetap bahagia dan kembali lagi di situs Anda. Berikan pengalaman positif untuk membuat bisnis Anda berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *