SEO: Begini Cara Memperbaiki Google Ranking untuk Website

google_image

Mesin pencari Google menggunakan berbagai metode untuk menentukan halaman website mana yang akan ditampilkan pertama dalam hasil pencarian. Formula sesungguhnya masih rahasia, namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan positioning webmu. Strategi ini sering disebut Search Engine Optimization (SEO).

Tips berikut ini mungkin tidak akan langsung membuat website mu berada di urutan pertama yang muncul dalam daftar hasil pencarian, namun yang berikut ini bisa membantumu naik sedikit demi sedikit. Apapun bentuk bisnis atau website yang kamu jalankan, pastikan kamu membuat sebuah situs yang ingin kamu kunjungi dan diitulis seperti keinginan manusia yang ingin membacanya. Jika kamu mencoba mengelabuhi sistem, cepat atau lambat Google akan mengetahuinya dan mengganti formulanya. Dengan begitu kamu akan semakin berada di urutan bawah hasil pencarian. Abaikan spam dan website yang menawarkan berbagai cara untuk itu.

Frase Keyword/Kata Kunci

Frase kata kunci, atau sering disebut keyword, adalah kata-kata yang kamu pikirkan dengan matang sebagai kata-kata yang akan sering dituliskan dalam mesin pencari untuk menemukan kontenmu. Keyword tersebut HARUS muncul dalam konten yang kamu buat. Namun jangan berlebihan menaruhnya. Lagi-lagi, di sini poinnya adalah berbicara seperti manusia dan hanya gunakan bahasa yang manusia sering gunakan ketika melakukan pencarian untuk sebuah topik dalam halaman website. Tulis saja seperti berbicara natural.

Jika kamu akan mencari websitemu sendiri, kata kunci apa yang terpikir olehmu yang akan kamu tuliskan dalam Google? Akan sangat bermanfaat jika bisa mendapatkan perspektif yang berbeda. Tanyakan orang lain yag ingin membaca halaman websitemu dan pertimbangkan pada mereka tentang keyword yang kamu temuka. Kamu juga bisa mengecek di Google Trends untuk melihat suatu frase tertentu mulai populer dan banyak dicari.

Coba untuk tetap berpegang pada satu subyek pada setiap halaman website, dan tentukan satu frase keyword per halamannya. Bukan berarti dalam satu halaman kamu harus menuliskan semua fase keyword tersebut secara berulang. Clear writing  akan membuatnya lebih mudah dicari dan juga dibaca. Jangan takut untuk menentukan subyek yang sangat panjang dan detail. Seperti Wikipedia.

Density

Salah satu hal yang dilihat oleh Google ketika Google membuat katalog seluruh halaman website adalah density dari penggunaan keyword. Dengan kata lain, seberapa sering kata kunci tersebut muncul. Gunakan kalimat yang natural. Jangan pernah coba-coba untuk mengelabuhi mesin pencari dengan mengulang kata-kata yang sama terus menerus atau membuat teks yang “invisible.” Hal itu tak akan berhasil. Justru dengan begitu websitemu bisa di banned. Buat paragraph pertama yang kuat dan langsung mengatakan tentang isi dari halaman websitemu. Ini akan menjadi latihan yang baik dan bisa membantu mesin pencari menemukan halaman websitemu juga.

Beri Judul Halaman Websitemu

Berikan nama deskriptif dari halaman websitemu dengan atribut <tittle>. Ini adalah hal yang sangat vital. Google seringkali menampilkan hasil pencarian denga link sebagai tittle dari sebuah halaman website. Tidak ada link ‘untitled’ yang menarik, dan tidak akan ada orang yang akan meng-kliknya. Jika memungkinkan, gunakan frase keyword dalam judul tersebut.

Link

Salah satu faktor terbesar yang dilihat Google adalah hyperlink. Goggle melihat kemana dan dari mana link website tersebut dituju.

Google melihat kata-kata yang kamu gunakan dalam link untuk membantu menentukan konten dari halaman websitemu. Gunakan link dalam halaman website sebagai cara untuk mengembangkan keyword. Daripada kamu menuliskan “klik di sini untuk pelajari lebih lanjut tentang SEO”, lebih baik kamu menuliskan: Read more about SEO (Search Engine Optimization).

Link dari website lain yang ada dalam websitemu digunakan untuk menentukan ranking/PageRank. Kamu bisa meningkatkan PageRank dengan mengganti teks link dengan website relevan lainnya. Penggantian banner tidak efektif, dan sebuah halaman website yang ingin menggunakan servis ini seringkali adalah spammers yang bisa merusak rankingmu. Link juga menjadi area yang sebaiknya tidak kamu cantumkan dengan berlebihan. Sebuah halaman yang isinya hanya berbagai daftar link adalah spam.

Jejaring Sosial

Situs jejaring sosial bisa menjadi cara yang baik untuk mempromosikan situs, namun belum diketahui seberapa banyak hal itu akan berdampak langsung pada ranking. Promosi Google+ yang jelas memiliki pengaruh yang paling besar. Ketahuilah bahwa traffic terbesar bisa saja dating dari jaringan sosial media, jadi pastikan kamu membuat konten yang sociall-friendly. Tambahkan foto/gambar dan beri judul konten yang menarik.

Buat Grafis-grafismu SearchFriendly

Berikan semua gambar-gambar dan fotomu atribut <alt>. Dengan begitu tidak hanya akan membuat websitemu menjadi lebih mudah diakses secara visual, namun juga memberikan peluang untuk menempatkan keyword di mana Google bisa melihatnya. Tapi ingat, tetap tuliskan keyword yang relevan.

Good Design is Popular Design

Halaman website yang baik adalah halaman yang memiliki ranking Google yang tinggi. Mereka juga merupakan website yang populer, di mana hal itu akan membuat Google meranking website tersebut lebih tinggi lagi. Selalu ingat untuk membuat website dengan desain yang bagus, dan sesudah itu kamu bisa menerapkan poin-poin penting SEO yang sudah di bahas di atas. Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *