Pernah Dengar Google Panda? Ini Penjelasannya

google panda

Sebagai pemilik website, tentunya kita ingin orang-orang tahu website kita.

Salah satu cara terbaik bagi mereka untuk menemukan situs kita adalah melalui mesin pencari.

Pengguna mengetikan frase kata kunci pada search bar. Jika situs kita terkait dengan kata kunci tersebut, kita pasti berharap bahwa situs kita yang muncul urutan pertama dalam hasil pencarian.

Namun, ada kalanya ketika pengguna internet merasa sangat frustasi. Mereka mengetikan frase kata kunci yang diinginkan dan hasil yang muncul tidak memberikan apa yang mereka cari. Google mulai kehilangan pengguna, dan inilah yang membuat Google mengambil langkah serius tentang bagaimana mesin pencari mereka seharusnya bekerja.

Google panda adalah salah satu contoh dari salah satu langkah serius Google yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pencarian bagi pengguna.

Munculnya algoritma Google Panda

Google panda di rilis pada bulan Februari 2011 lalu. Cara Google untuk mengetahui situs mana yang berkualitas untuk memberikan peringkat pada halaman hasil pencarian mesin pencari adalah dengan algoritma. Ini adalah program cerdas yang dapat mendeteksi kualitas situs dan bagaimana mereka menentukan frase kata kunci yang relevan dengan yang diketikan orang dalam search bar.

Sebelumnya, algoritma Google hanya mencari frase dalam konten dari sebuah website. Namun, pada kenyataannya algoritma ini masih kurang ampuh untuk menemukan situs terbaik bagi pengguna.

Dengan Google Panda, mesin pencari tidak hanya mengidentifikasi dari frase kata kunci. Algoritma harus juga mengidentifikasi kualitas konten. Tujuan utama dari Google Panda adalah untuk menyingkirkan semua situs yang tidak menyediakan pengguna internet informasi yang mereka inginkan dan butuhkan.

Sejak pertama kali Google Panda diluncurkan, Google telah merilis beberapa update yang telah membawa lebih banyak situs berkualitas pada halaman hasil pencarian mesin pencari. Dengan setiap update yang dirilis, banyak situs yang mendapat pinalti dari Google dan di depak dari halaman pencarian, sementara beberapa situs lain yang berkualitas akan dipromosikan ke halaman pertama.

Apa yang diinginkan Google Panda?

Google Panda sangat sederhana, algoritma ini hanya ingin menemukan situs yang terpercaya dan memiliki informasi yang pengguna internet cari. Ketika pengguna internet mengetikan frase kata kunci, Google ingin pengguna merasa senang ketika mereka menemukan apa yang mereka cara di hasil pencarian pertama, kedua, atau ketiga.

Google tidak ingin pra pengguna terus-terusan mencari informasi yang mereka inginkan karena mesin pencari tidak memberikan hasil yang efektif.

Sebagai pemilik website, kita perlu tahu bagaimana membuat website agar disukai pengguna dan Google. Kualitas konten adalah suatu hal yang wajib untuk membantu pengguna. Konten harus bisa menjawab pertanyaan orang-orang dan membantu memecahkan masalah mereka. Konten harus rinci dan tepat sasaran. Mereka ingin mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah.

Website harus terpercaya. Ini berarti website harus memiliki enkripsi keamanan terbaru. Setiap aktivitas hacker di website dapat membuat pengunjung pergi dan tidak pernah kembali. Hal yang sama yang akan dilakukan oleh Google.

Memiliki navigasi yang mudah. Orang-orang ingin menemukan apa yang mereka cari dengan cepat dan mudah. Situs yang terlihat berantakan akan dijauhi pengguna. Sebaliknya, mereka menyukai situs yang mudah digunakan dengan sistem navigasi yang jelas.

Mempertahankan ketiga faktor diatas ketika sedang membangun dan mengembangkan situs adalah sangat penting, tidak peduli berapa banyak Google melakukan update algoritmanya. Ingat, Google berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik untuk setiap penggunanya. Jadi, kita pun juga harus melakukan yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *