Jangan Percaya Pada Penipuan Yang Membeli Nama Domain Anda

Anda mungkin pernah mendapatkan email baru dari seseorang yang ingin membeli nama domain Anda. Tidak hanya itu, mereka juga menawarkan harga untuk pembelian nama domain hingga $15.000. Berhati-hatilah jika Anda mengalami hal tersebut dan jangan terlalu bersemangat. Orang-orang yang menawarkan hal serupa mungkin saja bersifat penipuan.  

Penipuan dengan cara membeli nama domain telah aktif selama bertahun-tahun, dan sayangnya banyak yang berhasil. Penipuan ini memangsa Anda dengan tawaran harga yang besar, kemudian akan menipu dengan mengambil uang dari Anda. Berikut kami akan menjelaskan mengenai penipuan tersebut agar Anda dapat lebih berhati-hati.

Bagaimana Penipuan Bekerja

  1. Penipuan Melalui Email Dengan Tawaran Untuk Membeli Nama Domain Anda

Isi dari email tersebut biasanya mencoba untuk membangun kredibilitas pembeli. Contohnya seperti berikut: “Halo!! Klien kami tertarik untuk membeli (Nama Domain Anda).com. Pembeli adalah investor dari Qatar dengan anggaran yang solid untuk proyek-proyek online yang berbeda. Dia adalah seorang investor profesional yang berpengalaman di bidangnya selama 17 tahun.”

  1. Penipuan Akhirnya Membuat Tawaran Yang Sangat Tinggi

Setelah Anda mengatakan untuk bersedia menjual nama domain, maka penipu akan membuat tawaran harga yang sangat tinggi. Mereka juga akan menyertakan sebuah peringatan, misalnya: “Pembeli akan membayar Anda dan ingin disertakan sertifikat appraisal. Saya pikir ini akan adil dan aman bagi kedua belah pihak. Berdasarkan pengalaman saya, saya pikir nama Anda berharga $15.000-$20.000 dan klien saya memiliki cukup dana untuk membayar Anda sesuai jumlah tersebut. Apakah Anda memiliki serftifikat appraisal? Jika Anda tidak memilikinya, tidak apa-apa. Anda dapat memesannya secara online. Klien saya membutuhkan sertifikat tersebut dari sumber yang dikenal dan dipercaya.”

Appraisal merupakan jasa penilaian dalam memberikan estimasi atau opini atas nilai ekonomis suatu properti, baik berwujud atau tidak berwujud yang berdasarkan hasil analisis terhadap fakta-fakta yang objektif dan relevan. $15.000 adalah jumlah yang sangat besar, namun pembeli juga menuntut Anda memiliki sertifikat appraisal terlebih dahulu dan melakukannya dari jasa appraisal yang mereka percaya. Tebak apa yang selanjutnya terjadi?

Itu Adalah Penipuan!

Ketika mereka meminta Anda mendapatkan sertifikat appraisal dari pihak yang mereka kenal, saat itulah Anda harus memahami bahwa itu adalah penipuan. Mengapa begitu? Karena orang yang mengirimkan email tersebut sebenarnya memiliki layanan appraisal itu sendiri. Anda mungkin akan membayar sebesar $50 atau lebih untuk mendapatkan sertifikat appraisal tersebut. Setelah Anda memilikinya dan membalas email dengan bukti sertifikat appraisal, maka Anda tidak akan mendapat balasan dari pembeli itu lagi. Jelaslah di sini bahwa mereka hanya melakukan penipuan dan mengambil keuntungan dari uang yang Anda berikan untuk mendapat sertifikat appraisal.

Cara Melindungi Diri Dari Penipuan

Ini sangat tidak mungkin bahwa seorang pembeli nama domain hanya menginginkan penilaian berdasarkan sertifikat appraisal. Jika seorang pembeli meminta Anda untuk melakukan penilaian sebelum membeli nama domain Anda, maka pastikan bahwa mereka yang mendaftarkan ke jasa appraisal dan membayarnya sendiri untuk Anda. Jika mereka tidak setuju, maka jelas sekali bahwa hal tersebut adalah penipuan. Selain itu, apabila mereka tetap menginginkan sertifikat appraisal, Anda bisa mencoba mendapatkannya ke jasa appraisal yang Anda ketahui sendiri, bukan di tempat yang diminta oleh pembeli. Sekalipun mereka menipu, setidaknya Anda sudah memiliki sertifikat appraisal yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *