Ini Dia 4 Kesalahan dalam Branding dan Cara Mengatasinya!

spicers-scotch-eggs-food-packaging-and-branding-design

Branding merupakan elemen kunci keberhasilan setiap perusahaan. Ini membantumu dalam memposisikan bisnismu di market, membangun kesadaran diantara target market, ketertarika karyawan dan investasi. Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh NewsCred, driver yang paling penting dari loyalitas merk adalah produk yang bagus, sebesar 77% dari pengenalan merk dan 69% pada kepercayaan.

Jika kamu ingin membangun dan mempertahankan merk yang sukses, ada 4 kesalahan merek yang perlu kamu hindari dan cara memperbaikinya:

  1. Tidak Membangun Merk Dari Awal Bisnis

Branding bukan hanya logo warna-warni dan tagline. Inti dari bisnis adalah kamu harus emmbangun setipa hari. Begitu banyak pemiliki usaha kecil yang berkonsentrasi pada logistic dan operasi bisnis dan akhirnya meninggalkan kegiatan branding. Bahkan mereka meninggalkan karyawan mereka, dan membuat mitra dan klienmu bertanya-tanya.

Untuk memperbaikinya, sebelum kamu menulis rencana bisnismu, ambillah selembar kertas dan tuliskan visi bisnismu. Bagaimana tanggapannya? Hal pertama apa yang akan orang fikir tentang bisnismu? Bagaimana pelangganmu bisa berinteraksi denganmu? Bagaiamana kamu mengembangkan hubungan dengan mereka? Setelah kamu menetapkan visi dan nilai perusahaan, bentuklah identitasmu untuk membangun rencanamu.

  1. Kurang Konsisten

Kemasan yang berwarna-warni, tapi websitemu putih dan sederhana, logo tidak begitu menarik, bahkan kamu tidak memiliki kartu nama, artinya kamu kurang konsisten. Kemungkinan jaminan marketingmu akan dibuat secara bertahap, karena kamu membutuhkan desainer yang berbeda. Ini akan mempersulitmu untuk konsisten. Sebanyak 74% orang dewasa menggunakan sosial media untuk sharing link, foto, dan produk, jadi gunakanlah agar kamu tetap konsisten.

Kamu bisa memperbaikinya, meskipun tidak layak secara finansial untuk membuat setiap bagian dari marketing mu dalam satu persegi, pastikan bahwa konsep merk harus dibuat di awal. Ini akan menjadi templatemu untuk memadukan semua desain lebih lanjut untuk membuat detail warna, font, tone voice, dan personality untuk membuatmu konsisten websitemu, produk, atau kantormu.

  1. Melupakan Keunikanmu

Saat tumbuh kamu akan sulit melupakan visi dan nilai bisnismu, kamu bisa mengandalkan karya atau penghargaan yang pernah didapat. Bukannya mengatakan ke calon customer apa yang unik dari bisnismu, tapi apa alasan mereka memilihmu.

Cara memperbaikinya, seperti rencana bisnismu, rencana marketingmu harus ditinjau kembali setiap tahun, jika pertumbuhannya pesat. Luangkanlah waktu untuk melihat visi marketingmu dan rencanakan bahwa kamu menjaga konsisten dalam menyajikan bisnismu.

  1. Mengabaikan Umpan Balik dari Customer

Studi Lpsos menemukan bahwa 48% orang kanada mengikuti setidaknya 1 merek, dengan 59% orang kanan berusai 18-34 rata-rata memilih 5 merk. Jika customer ingin melibatkanmu, coba kamu tanya kepada mereka tentang bisnismu apakah sudah berjalan dengan baik apa belum. Ini sangat berharga, abaikan apa saja yang mengakibatkan bisnismu turun.

Memperbaikinya, kamu bisa luangkan waktu yang terlibat dengan customermu. Pastikan kamu menanggapi komentar dan pengamatan. Kamu harus proaktif untuk menanyakan banyak umpan balik. Tidak maslaah jika itu umpan balik positif dan negative. Tanggapi mereka dengan cara percaya diri dan konstruktif dalam meyakinkan masalah yang serius. Ini akan membantumu dalam mengembangkan bisnismu dan menciptakan kepercayaan dan kesetiaan bisnismu.

  1. Belajar Dari Para Ahli

Branding merupakan janji bisnismu untuk customer dalam membangun kepercayaan dan meningkatkan loyalitas customer. Namun untuk membangun brand yang kuat dan konsisten tidak mudah tentunya. Jika kamu memerlukan bantuan dalam menemukan identitas merekmu dan memahami konsep pentingnya pengalaman merekmu. Bergabunglah dengan usaha kecil untuk branding lebih dari sekedar logo, seperti yang disajikan oleh David Childs Live Blueprint.

Jika kamu lebih memilih pendekatan yang lebih dari satu, bergabunglah dengan kamu untuk mengaukan bisnis branding expert dengan Michael Marsland Rood Red Five Design. Kamu membuthkan waktu 45 menit untuk mengajukan pertanyaan yang spesifik dan berkaitan dengan merkmu, ini akan membantumu terhubung lebih baik dengan customermu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *