Blogging: 10 Kunci Rahasia Membuat Posting Blog yang Bagus

blogging

Sebuah posting blog yang bagus menawarkan lebih dari sekedar tips yang tidak berarti. Jika kita dapat mengubah cara pandang pembaca dan menginspirasi mereka untuk mengambil suatu tindakan, berarti kita telah mencapai tujuan kita sebagai seorang blogger.

Berikut adalah 10 kunci rahasia membuat posting blog yang bagus:

1. Buat judul yang menarik

Hal pertama yang harus kita pikirkan sebelum memulai menulis artikel adalah judul. Judul yang menarik akan memikat pembaca, selain itu juga akan menjaga keterlibatan dengan mereka. Bingung bagaimana menulis judul yang menarik? Pikirkan judul pada majalah dapat membuat orang tertarik untuk membacanya. Judul merupakan bagian pertama yang dilihat oleh pembaca, sehingga buatlah judul yang baik dan semenarik mungkin.

2. Buat paragraf pembuka yang sempurna

Karena rentang perhatian pembaca blog tidak terlalu impresif, maka kita perlu menempatkan poin utama untuk memberitahu audiens kenapa posting kita penting untuk dibaca. Kita dapat menunjukkan target audiens tempat untuk mengenali, dan kemudian menjanjikan solusi untuk masalah tertentu, atau menuntun mereka pada beberapa saran untuk membantu melewati beberapa hambatan.

Seorang pembaca blog tidak ingin membuka beberapa post hanya untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, paragraf pembuka harus dibuat sempurna untuk menunjukkan bahwa kita menawarkan nilai yang cukup di seluruh post.

3. Buat sebuah poin

Jika kita tidak memiliki poin tertentu pada posting blog, maka pembaca tidak akan mengingatnya dan tidak dapat mendorong mereka untuk memberikan komentar dan berbagi. Kata kunci tidak menentang poin kita, kita masih bisa menggunakannya sebagai bagian dari strategi pemasaran konten, tetapi pastikan untuk menempatkan mereka ke dalam konten yang berarti dengan tujuan yang jelas.

4. Terstruktur

Blogger umumnya mengabaikan aspek dari post. Jika kita ingin pembaca agar membaca seluruh artikel, kita harus mengatur proses menulis, membuat layout yang terstruktur dan mempublikasikan posting dengan judul yang jelas, sub-judul, bullet points, dan jarak paragraf. Contoh ini mungkin terlihat kuno, tapi masih bekerja dengan baik untuk pembaca.

Pengantar.

  • Buat argumen dan menerangkan diri sendiri
  • Buat argumen lain dan menjelaskannya, Ulangi langkah ini sebanyak yang diperlukan
  • Kesimpulan, buat penutup dan mendorong pembaca untuk melakukan tindakan.

Kita dapat memodifikasi struktur umum dari posting blog tergantung pada topik dan jenis konten yang dibuat. Tujuan utamanya adalah untuk menulis sebuah artikel yang mudah dibaca.

5. Buat unik

Ketika kita tidak memiliki sesuatu yang baru untuk di sampaikan, maka menulis posting pun seperti tidak ada artinya. Mungkin tidak masalah jika kita menulis tentang topik yang sedang ngetren, tetapi kita tidak bisa mengulang poin yang sama yang juga dilakukan oleh semua blogger lainnya. Kita membutuhkan spin artikel atau pendekatan dari sudut yang unik.

Hindari duplikat konten pada blog. Mengumpulkan link artikel yang menarik tampaknya merupakan ide yang baik untuk mendapatkan sejumlah pembaca. Tapi ingat, jangan terlalu sering melakukannya. Hanya konten yang unik yang layak dibagikan.

6. Buat konten visual

Sebagai seorang blogger, kita harus menyadari pentingnya konten yang berkualitas. Akan tetapi, konten tidak hanya selalu berupa teks, melainkan juga ada gambar. Pembaca kurang menyukai konten yang tidak memiliki gambar atau tampilan visual lainnya.

Namun, kita harus selalu memastikan menggunakan gambar yang dapat menambah makna konten, jadi berhati-hatilah dalam membuat pilihan.

7. Berbagi pengalaman

Sebuah posting blog yang lebih terpercaya adalah yang ditulis dari pengalaman pribadi. Tambahkan sentuhan pribadi pada topik, tapi pastikan untuk tidak keluar dari topik. Pengalaman yang kita bagikan harus relevan dengan topik.

8. Tambahkan sumber yang relevan

Jika kita mengandalkan fakta ilmiah, data statistik, atau hasil penelitan akademik, pastikan untuk memberikan link dan informasi tentang sumber daya yang relevan. Pembaca akan percaya jika kita menawarkan bukti yang relevan.

9. Berikan internal links

Nilai keseluruhan dari posting akan meningkat ketika kita memberikan link ke posting terkait dalam blog kita sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita lakukan:

  • Publish beberapa post terlebih dahulu sebelum kita membuat link
  • Pastikan anchor text tidak mengandung kata kunci. Cara terbaik untuk membuat text links adalah dengan anchor yang panjang
  • Jangan membuat link ke home page atau halaman utama lainnya dari blog
  • Buat link yang relevan.

Kita dapat menggunakan internal links sebanyak mungkin. Jika kita memiliki konten yang cukup di blog, kita dapat membuat minimal 3 internal links per post.

10. Buat interaktif

Hal utama yang membedakan blog dari majalah dan publikasi newsletter adalah interaksi. Jika kita belum menambahkan pertanyaan yang dapat memancing pembaca untuk berkomentar dan berdiskusi, maka tugas kita belum selesai.

Jika pembaca telah selsai membaca posting blog kita, maka merek siap untuk mengambil tindakan. Apakah kita ingin mereka untuk men-download e-book, mengunjungi halaman atau website lain, berlangganan ke daftar email, berkomentar, berbagi, atau membeli produk. Oleh karena itu, kita harus memiliki call to action yang jelas jika kita ingin mencapai tujuan.

Itulah 10 kunci rahasia bagaimana membuat posting blog yang keren. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *