Begini 5 Tips Desain Website Untuk Web Profesional

desain web

Sama seperti fashion, desain web juga terus mengikuti tren dan mode. Ketika kamu ingin membuat sebuah website yang terlihat profesional, kamu akan melakukannya dengan baik dan menjaga agar selalu terlihat up to date dan sesuai tren. Berikut adalah 5 tips penting yang perlu kamu ingat ketika ingin membuat desain web agar terlihat profesional.

1. Menjaga agar selalu terlihat bersih dan tidak berantakan

Iklan, banners, ikon, badge, pop-up, tombol, dan masih banyak lagi kadang-kadang semua itu bisa membuat website tampak kacau. Jadi, mengapa kamu tidak memberikan pengunjung situs yang bisa membuat mata mereka rileks dan menjauhkan mereka dari kekacauan? Kamu bisa membuat keajaiban dengan memberikan pengunjung pengalaman yang menyenangkan. Cobalah untuk selalu mejaga agar semua tetap sederhana dan seminimal mungkin dengan hanya menyorot konten yang paling penting.

2. Mencari beberapa referensi desain website

Jika kamu sedang membaca artikel ini, berarti kamu sudah di jalan yang benar. Kamu bisa melakukan penelitian lebih jauh dan melihat website dengan tujuan tertentu yaitu untuk mencari tahu apa yang kamu sukai dan tidak kamu sukai dari mereka. Buat beberapa catatan tentang apa yang ingin kamu terapkan pada situsmu. Jika kamu memiliki beberapa referensi dalam desain website, lakukan pendekatan dengan mereka. Dari hal ini, kamu bisa meniru sesuatu yang kecil tentang penggunaan ikon panah yang menunjuk ke sebuah pesan penting. Ketika kamu menemukan sesuatu yang menarik, kamu bisa menerapkannya ke dalam skema desain websitemu sendiri.

3. Memasukkan hirarki visual

Apa itu hirarki visual? Ini adalah istilah yang berarti memperhatikan ruang web dalam pola tertentu, dimana pola itu bisa membantumu mengoptimalkan konten penting di situsmu. Sebagai contoh, jika membuat tombol “sign up now”, kamu mungkin menginginkan agar banyak orang yang melakukan sign-up. Hirarki visual memberitahukan kepada kita tentang mata yang bergerak dari atas ke bawah, ataupun dari kiri ke kanan. Ini berarti kamu bisa menentukan tombol yang sesuai di situsmu. Ingat, letakkan konten yang paling penting hanya di ruang-ruang yang strategis. Jika kamu meletakkan terlalu banyak konten di satu tempat, pengunjung akan kewalahan dan kamu tidak akan mendapatkan hasil yang sesuai tujuan.

4. Membuat teks yang mudah dibaca

Teks adalah hal yang paling penting. Karena teks untuk memberikan informasi dan menjawab pertanyaan. Dengan kata lain, jangan membuat pembaca menyipitkan mata untuk membacanya. Ada beberapa aturan sederhana yang dapat kamu lakukan dalam membuat teks yang jelas.

Pertama. Pastikan warna yang kamu gunakan tidak membuat pembaca sakit mata. Misalnya, jika background yang kamu gunakan berwarna putih dan warna tulisan berwarna cream, itu akan membuat pembaca sakit mata dan pusing ketika membaca teks tersebut dan membuat mereka frustasi, hasilnya mereka akan pergi meninggalkan websitemu. Jadi pastikan kamu memeriksa semua teks untuk kemudahan pembaca.

Kedua. Jangan menggunakan ukuran font yang terlalu kecil. Mungkin itu bisa terlihat lucu, tapi itu tidak praktis. Pastikan pembaca tidak membutuhkan kaca pembesar untuk mencari tahu pesanmu.

Ketiga. Gunakan font yang sesuai. Untuk poin tembahan, pastikan kamu memilih font yang reader-friendly dan tidak membuat pengunjung bertanya-tanya apakah mereka membaca bahasa Sansekerta.

5. Membuat versi mobile untuk website

Untuk saat ini, website yang profesional adalah website yang bisa ditampilkan dengan sempurna pada perangkat desktop maupun perangkat mobile. Lakukan perubahan dengan membuat versi website untuk tampilan perangkat mobile. Tentunya kamu tidak ingin kan kehilangan pengunjung potensial hanya karena tampilan yang tidak sesuai pada perangkat mobile?

Itulah 5 tips desain website untuk membuat web yang profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *