Apakah Sulit Memilih Nama Domain Terbaik untuk Blog?

Memilih nama domain terbaik sesungguhnya hanya mudah diucapkan tetapi cukup sulit untuk dilakukan. Tidak ada yang lebih membingungkan dari memilih nama domain terbaik untuk website baru. Memilih sebuah nama domain terbaik dapat terdiri dari 2 unsur yaitu unsur seni dan ilmu. Unsur seni berisi dari kreativitas dan ide Anda untuk menuangkan keinginan dalam membuat nama domain yang sesuai. Sedangkan unsur ilmu dapat diperoleh dari artikel berikut ini. Kami akan mencoba membantu Anda membuat nama domain terbaik untuk blog. Mari kita pelajari beberapa cara dan aturan dalam membuat nama domain berikut ini :

  1. Hindari Tanda Hubung Dan Angka

Coba perhatikan domain berikut ini http://www.mega-learn-2-save-clup-top. Apa yang Anda pikirkan tentang nama domain tersebut? Kebanyakan pasti beranggapan bahwa itu domain penipuan, spam, maupun malware. Jika Anda berfikir demikian, maka itu adalah salah satu contoh nama domain yang tidak tepat. Nama domain tersebut akan sangat sulit mendapat kepercayaan dari banyak orang. jangan memilih nama domain seperti itu atau nama-nama lain yang lebih sulit daripada nama di atas.

Anda mungkin beranggapan bahwa nama domain yang ditulis dengan tanda penghubung dapat lebih mudah untuk dipahami. Sama halnya dengan menggunakan kombinasi angka yang menurut Anda memudahkan untuk diingat. Percayalah, hal tersebut akan membuat nama domain Anda terlihat tidak terpercaya dan dapat dipertanyakan legitimasi situsnya. Jika Anda ingin dianggap serius dan dapat dipercaya, maka hindari penggunaan tanda hubung dan angka saat memilih nama domain.

  1. Hindari TLD (Top Level Domain) yang Aneh

TLD adalah beberapa huruf terakhir yang muncul setelah titik di domain situs Anda. sebagai contoh : .com, .net, dan .org. Jika memungkinkan, pilihlah nama domain dengan menggunakan TLD dari ketiga TLD di atas. Mungkin memang banyak TLD yang lebih unik atau berbeda yang dapat digunakan, namun sejauh ini masih belum ada TLD yang sepopuler ketiga TLD di atas. Anda perlu menyadari bahwa memilih nama domain dengan TLD yang tidak biasa dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan. Untuk itu Anda perlu menyesuaikan jenis TLD yang tepat dan sesuai dengan bisnis yang dijalani.

  1. Lebih Pendek Lebih Baik

Nama domain yang lebih panjang memang terkadang lebih menarik dan unik, namun sebuah nama domain juga harus mudah untuk diingat. Dalam menangani hal ini, maka buatlah nama domain dengan kata-kata yang lebih pendek. Dengan begitu, orang-orang dapat dengan mudah mengingatnya.

  1. Fokus Pada Kejelasan

Ketika membuat sebuah nama domain, pastikan Anda memikirkan tentang kesalahan tafsir yang mungkin terjadi. Misalnya seperti URL berikut : http://meshoptinspot.com. URL tersebut sedikit membingungkan karena dapat memiliki beberapa arti seperti ‘Me Shop Tin Spot’ ataukah ‘Mesh Opt-In Spot’ atau mungkin sesuatu yang lain. Hal ini dapat membingungkan pengunjung mengenai bisnis Anda dan bergerak dibidang apa. Akibat hal tersebut, maka Anda perlu fokus pada kejelasan dari nama yang dibuat agar tidak mengalami kesalahan tafsiran.

  1. Jangan Memilih Nama Domain yang Tidak Disukai

Jika Anda tidak bisa memikirkan tentang nama domain yang sempurna, maka jangan memilih nama domain dengan asal-asalan padahal Anda sendiri tidak menyukainya. Jangan takut untuk meminta pendapat orang lain sebagai pencerahan dalam memilih satu yang tepat. Dengan begitu akan memunculkan ide-ide kreatif Anda. Jangan membeli nama domain kecuali Anda merasa benar-benar yakin dengan nama tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *