7 Fakta yang Harus Kamu Tahu Tentang Web Hosting

hosting

Memilih penyedia web hosting terbaik adalah sama pentingnya seperti menentukan lokasi bisnis. Membuat keputusan yang tepat dapat berpengaruh pada hidup dan mati sebuah website.

Saat ini banyak perusahaan web hosting yang memberikan banyak pilihan dalam berbagai bentuk, ukuran, dan penawaran yang berbeda-beda. Mulai dari harga menengah kebawah hingga menengah ke atas atau enterprise hosting. Nah, sebelum kita menentukan layanan web hosting yang akan digunakan, pastikan bahwa investasi atau biaya yang akan kita keluarkan bisa menghasilkan keuntungan.

Berikut kami akan membahas 10 fakta yang harus kamu tahu tentang web hosting.

1. Biaya

Biaya adalah pertimbangan penting, tapi itu hanya satu di antara yang lainnya. Sebelum mencari host termurah dengan fitur yang lengkap, kita harus mengevaluasi berapa anggaran kita. Setelah tahu berapa anggarannya, kita akan lebih mudah untuk memilih semua penyedia web hosting yang ada. Perlakukan website kita seperti bisnis, bukan seperti website pribadi.

Cermati semua biaya yang ditawarkan oleh penyedia web hosting, termasuk biaya tambahan untuk kelebihan sumber daya dan fitur tambahan. Meskipun harga bisa menjadi faktor utama, namun jangan semata-mata memilih web hosting hanya berdasarkan biaya. Ingat, murah belum tentu yang terbaik.

2. Dukungan

Dukungan bisa menjadi istilah yang sangat luas di web hosting. Biasanya, penyedia web hosting menangani kebutuhan hardware, server administration, patching, koneksi ke internet, dan pemeliharaan umum sistem. Pemilik situs biasanya memutuskan teknologi apa yang digunakan: PHP based, ASP.NET, Java, solusi database, serta solusi teknis dari pihak ketiga. Sebagai pemilik, sangat penting untuk menentukan apa saja yang kita butuhkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Apakah mereka memiliki live chat atau IM?
  • Apakah mereka memiliki dukungan telepon?
  • Apakah mereka memiliki dukungan email?
  • Apakah mereka memiliki dukungan 24x7x365?
  • Bagaimana respon time mereka?
  • Bagaimana sistem pembayaran mereka?

Sebagian besar perusahaan hosting menyediakan dukungan teknis kepada pelanggannya, tapi tidak semua perusahaan hosting memberikan pelayanan secara maksimal. Oleh karena itu kita harus memeriksa bagaimana dukungan (teknis maupun non-teknis) dari setiap penyedia web hosting.

3. Komunikasi

Bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan klien adalah penting. Kita harus mencari penyedia hosting yang mengirimkan email secara teratur. Komunikasi newsletter harus selalu dilakukan secara periodik. Konten bisa berupa item seperti menunjukkan bagaimana kinerja perusahaan, membahas tren terbaru atau teknologi yang sedang berkembang. Jenis lain dari komunikasi bisa berupa blog, forum diskusi, jejaring sosial, atau artikel interaktif dengan berbagai macam subyek.

Ketika penyedia hosting melakukan pemeliharaan sistem, mereka harus mengirimkan pemberitahuan untuk klien yang terkena perubahan. Umumnya, penyedia akan menyediakan jenis komunikasi di control panel atau dashboard.

4. Fitur

Fitur adalah produk atau layanan yang dapat menarik perhatian orang. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan informasi tentang fitur utama:

  • Teknologi apa yang mereka gunakan?
  • Application Pool memory limits
  • Auto-responders
  • Bandwidth options
  • Control panel
  • Biaya untuk layanan tambahan
  • Custom DLLs atau paket
  • Email
  • Reseller programs
  • Subdomains
  • Web statistics

5. Jenis hosting

Saat ini, ada beberapa jenis hosting yang dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Low-cost or budget hosting. Jenis hosting ini dikenal juga sebagai shared hosting. Hosting ini menawarkan beberapa paket murah dengan beberapa fitur yang cukup baik. Hosting jenis ini memiliki harga yang sangat terjangkau dan cocok untuk situs pribadi atau starter.

Medium-level hosting. Medium-level hosting fokus pada usaha kecil dan menengah (UMKM). Hosting jenis ini memiliki kualitas lebih baik dari shared hosting, virtual, hingga dedicated server.

Enterprise-level or managed hosting. Ini merupakan level tertinggi dari jenis hosting. Enterprise-level or managed hosting adalah di mana penyedia memiliki peralatan dan kita membayar biaya bulanan. Ini bisa dianggap sewa karena kita tidak membeli peralatan mereka. Jadi, kita membayar sesuai dengan apa yang kita dapatkan.

Co-location. Co-location adalah model di mana kita memiliki hardware (server) sendiri dan mencari pihak ketiga untuk menaruh perangkat. Kita bisa bekerja sama dengan mereka untuk menyewa tempat pada sebuah data center. Berapa jenis yang ditangani oleh penyedia adalah seperti bangunan, koneksi internet, dan power.

Cloud hosting. Hosting jenis ini lebih dikenal dengan cloud computing. Ini merupakan pendekatan yang berbeda dalam menyediakan sumber daya. Banyak penyedia layanan yang menawarkan on-demand resource seperti bandwidth, server processing, atau disk space. Harga dapat bervariasi tergantung pada jenis sumber daya.

6. Keamanan

Topik keamanan bisa menjadi seluruh artikel. Berikut beberapa highloghts untuk membantu menentukan apakah sebuah host siap memenuhi kebutuhan keamanan kita.

  • Apakah situs Anda memerlukan PCI compliance?
  • Apakah Anda membutuhkan HIPAA compliant?
  • Apakah Anda memerlukan Sarbanes-Oxkley?
  • Apakah Host SAS 70 compliant?
  • Apakah host deploy patch keamanan dan paket layanan terbaru?
  • Apakah mengimplementasi Intrusion Detection System (IDS)?
  • Bagaimana Anda menangani serangan Distributed Denial of Service (DDoS)?

Setiap pertanyaan adalah subjek dalam dirinya sendiri. Bagaimana jawaban host dapat membantu untuk menentukan apakah situs kita aman dan terjamin.

7. Lokasi

Tiga hal yang paling penting bagi sebuah bisnis untuk sukses adalah lokasi, lokasi, dan lokasi. Di internet, di mana lokasi host berada bisa menjadi kunci untuk kinerja dan stabilitas. Jika sebagian besar pelanggan kita berada di Indonesia dan host berada di US, maka kita perlu mengevaluasi kembali pemilihan host yang sesuai dengan basis pelanggan kita.

Ada banyak sekali perbedaan ketika datang ke web hosting. Membuat daftar apa saja kebutuhan Anda dapat membantu menentukan web hosting yang cocok dengan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *