6 Tools Gratis SEO Yang Meningkatkan Traffic Blog-mu

SEO

Tools SEO adalah bagian penting dalam kesuksesan setiap website. Dengan tools SEO kita bisa mengetahui seberapa baik peringkat situs kita di berbagai halaman pencarian dan apa saja yang dapat membantu untuk meningkatkan peringkat di halaman pencarian.

Ada beberapa blogger yang tidak setuju dengan hal ini dan mengatakan bahwa kita hanya perlu berpikir bagaimana cara untuk meningkatkan peringkat halaman, tetapi kenyataannya, blog mereka juga berada pada halaman 1000 dari peringkat situs.

Kita tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menggunakan tools SEO, karena ada beberapa tools SEO gratis di bawah ini yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan peringkat situs kita di halaman pencarian.

1. Google AdWords

Keyword atau kata kunci merupakan komponen penting dalam SEO. Dengan Google AdWords, kita dapat mencari tahu kata kunci apa yang sedang populer dan yang tidak. Kita juga bisa memasukkan kata kunci atau frase kata kunci sendiri dan melihat seberapa baik peringkat dari kata kunci tersebut. Tools ini akan menampilkan daftar kompetisi, pencarian global, dan pencarian lokal sehingga kita bisa tahu informasi lengkap dari setiap kata kunci yang kita gunakan untuk website atau blog.

Salah satu kelemahan dari tools ini adalah meskipun “gratis”, Google dapat memanen informasi tentang website atau blog yang menggunakannya untuk tujuan mereka sendiri. Kelemahan lainnya dari AdWords adalah meskipun dapat memberikan informasi statistik yang berguna, tapi itu tidak secara “real-time”.

2. SEOmoz

SEOmoz adalah tool terbaik bagi mereka yang sedikit khawatir dengan kemungkinan Google mengakses website mereka. SEOmoz memungkinkan kita untuk memeriksa peringkat hingga 5 kata kunci yang berbeda setiap hari secara gratis. Hal ini memungkinkan kita untuk melacak dan memonitor website kita atau blog sukses lebih baik.

SEOmoz di klaim sebagai salah satu tools SEO yang paling menyeluruh dan komprehensif di web. Tools ini menawarkan satu ton tutorial lengkap bagi siapa pun mulai dari pemula sampai ahli, dan kita dapat memiliki laporan yang akan memberikan informasi tentang seberapa baik setiap halaman yang ada di situs atau blog kita sesuai dengan SEO.

3. MultiRank Checker

Tidak ada tool rank checker lainnya yang bekerja lebih mudah dari tool ini. Kita hanya perlu memasukkan nama domain ke checker untuk memeriksa Google page rank atau Bing page website kita.

Hebatnya, kita bisa memeriksa domain dalam jumlah banyak sekaligus dan tidak harus satu per satu. Ini dapat menghemat waktu jika kita memiliki lebih dari satu website.

4. Fiddler

Fiddler adalah aplikasi gratis untuk debug situs kita. Fiddler bekerja sedemikian rupa sehingga mampu menangkap semua traffic HTTP yang datang melalui situs kita dan akan menyimpannya untuk di review. Versi terbaru dari Fiddler adalah Fiddler2 yang menawarkan dukungan tambahan untuk HTTPS traffic.

5. Overture Keyword Selector Tool

Overture Keyword Selector Tool adalah tool lain yang alternatif selain Google AdWords. Kelebihan dari Overture adalah menarik dan mudah digunakan. Kita hanya perlu memasukkan kata kunci atau frase kata kunci kemudian tool ini akan memberikan daftar kata kunci lain yang lebih searchable dan akan membantu peringkat situs kita menjadi lebih tinggi.

Kelebihan lain dari tool ini adalah eksklusif untuk siapa saja yang menjalankan PPC atau pay per click campaign di Google. Jika kita menjalankan Overture dan memiliki PPC campaign di Yahoo!, maka kita akan dapat melihat jumlah impressions yang kita terima dengan iklan kita berdasarkan kata kunci yang kita pilih. Ingatlah bahwa data ini hanya dapat diandalkan untuk Yahoo! Searches dan situs, dan tidak situs lain seperti Google.

Itulah 5 tools gratis SEO yang dapat untuk membantu meningkatkan traffic blog. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *