4 Cara Sukses Membangun Traffic Web Dengan Link Building

Link

Jika ingin meningkatkan visibilitas pencarian website kita, link building atau meningkatkan jumlah inbound links ke website kita masih menjadi tools online marketing yang powerful. Tapi untuk membangun berbagai macam link yang dapat meningkatkan pencarian organik dan mendorong pertumbuhan bisnis yang strategis semakin sulit. Tapi itu masih bisa dilakukan.

Mari kita lihat bagaimana link-building telah berkembang dan 4 cara yang dapat kita gunakan sebagai strategi untuk meningkatkan SEO.

1. Relevansi kontekstual telah menjadi super penting

Munculnya update algoritma Google Hummingbird menekankan kembali perlunya untuk membangun link ke dalam konten yang sangat relevan bagi end users. Update ini berfokus pada pemahaman konteks permintaan pencarian daripada mengidentifikasi dan kemudian mengejar kata kunci tertentu dalam query.

Apa ini artinya untuk link building?

Seluruh proses pemikiran dari link building telah berubah secara drastis. Link tidak hanya harus membantu meningkatkan pengaruh pencarian tetapi juga memberikan nilai untuk target pengguna. Hummingbird telah menempatkan kata kunci long-tailed kembali pada bisnis dan kita harus mempertahankannya sekaligus mengoptimalkan konten. Ini memberikan kita kesempatan untuk membuat konten yang bermanfaat dan diperlukan dan tidak hanya berfokus pada kata kunci. Dengan demikian, kita memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memastikan bahwa link kita akan memberikan nilai yang nyata bagi pengguna.

Ini adalah tentang bagaimana membuat halaman web kita “layak” bagi pengunjung. Link building telah menjadi lebih banyak tentang (users) daripada kita (kehadiran online).

2. Membangun hubungan adalah tahap berikutnya dari link building

Membangun hubungan adalah link building baru. Apa yang perlu kita lakukan adalah mulai membangun hubungan dengan website lain yang sejenis. Misalnya, jika bisnis kita bergerak di bidang content-marketing domain, mulailah mencari situs terkenal dalam ruang lingkup ini dan orang (influencer) yang berada di belakang mereka.

Mengidentifikasi tujuan bersama bisnis kita dan website yang kita share, dapat menjadi sebuah katalis untuk hubungan yang bermakna dan saling menguntungkan dengan website.

Daya jangkau merupakan bagian integral dari membangun hubungan. Kita harus mendapatkan strategi penjangkauan yang benar-benar tepat. Ini memerlukan secara personal, kita harus menarik perhatian dan menempatkan dengan sangat jelas mengapa kita perlu membangun hubungan dengan website lain dan bagaimana hal itu akan memberikan keuntungan dari hubungan tersebut.

3. Berpikir jangka panjang

Hubungan tidak dapat dibangun dengan terburu-buru. Ada kesempatan yang sangat baik bahwa blogger akan mengabaikan penjangkauan kita karena berbagai alasan. Dia mungkin tidak menganggap kita dan kehadiran online kita, mungkin ada masalah dengan kepercayaan, atau mungkin dia tidak tertarik pada quid pro quo yang kita tawarkan.

Nah, tugas kita adalah meyakinkan orang bahwa hubungan dengan kita (merek kita) benar-benar dapat memberikan kontribusi terhadap upaya dia membangun mereknya sendiri. Seperti bisa dibayangkan, ini akan memakan waktu. Ini akan menuntut tingkat konsistensi dan ketekunan sejauh upaya interaksi yang kita lakukan.

Ini semua pertanyaan kepercayaan. Mengapa influencer akan mempercayai kita? Dia hanya akan melakukan jika nama merek kita memiliki pengaruh dan niche yang terpercaya. Di sinilah perencanaan jangka panjang yang harus kita pikirkan. Upaya membangun merek memerlukan strategi penjangkauan bersama.

Kita tidak dapat menemukan seseorang yang hanya tertarik dalam membangun link dan meningkatkan peringkat pada halaman pencarian mesin pencari. Jika kita melakuannya, influencer mungkin akan mengabaikan kita. Di sisi lain, jika kita benar-benar tampil sebagai seseorang yang ingin memberikan kontribusi yang berarti untuk niche-nya, kita akan dipercaya. Ini adalah kepercayaan yang dapat membantu untuk mengembangkan hubungan yang berkelanjutan.

4. Pikirkan konvergensi

Tugas digital marketing yang meliputi pemasaran konten dan pemasaran sosial media adalah pekerjaan yang rumit, terutama dalam proses link-building. Jika kita mendapatkan taktik konten dan sosial media yang tepat, link building yang berkualitas akan mengikuti dengan sendirinya, dan itu akan terjadi secara natural/alami.

Jika konten kita viral di media sosial, itu mengarah pada penciptaan atau link alami. Ada juga konten bagus yang berfungsi seperti link magnet, semakin banyak orang yang bersedia untuk link ke konten yang menawarkan nilai yang sangat besar untuk audiens.

Ini adalah alasan mengapa contemporary link building sebenarnya adalah sebuah konvergensi dari berbagai taktik yang merupakan bagian dari strategi pemasaran merek secara keseluruhan. Misalnya, pemasaran konten melengkapi upaya link-building dan sebaliknya. Hal yang sama berlaku untuk pemasaran media sosial.

Cara SEO melihat link building telah berubah secara drastis dalam beberapa tahun terakhir. Ini tetap penting, tetapi tidak lagi dapat dilihat dari visibilitas pencarian saja. Google hanya ingin mengambil situs yang paling relevan untuk pencarian dan evolusi link building sejalan dengan tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *