3 Cara Mudah Menjadi Reseller Hosting Di Indonesia

Reseller hosting

Menjadi reseller web hosting bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan di samping membangun bisnis baru. Di Indonesia sendiri, banyak reseller web hosting menawarkan hosting dengan harga yang kompetitif. Berikut adalah 3 tips bagaimana untuk mulai membangun bisnis reseller sendiri.

Apa itu reseller hosting?

Reseller hosting memungkinkan pemilik akun untuk membuat host website dengan nama pihak ketiga. Reseller bisa membeli layanan hosting seperti disk space dan bandwidth dari perusahaan penyedia web host dan kemudian menjualnya kembali ke pelanggan baru untuk mendapatkan keuntungan.

Control panel software yang ditawarkan oleh penyedia web host memungkinkan reseller untuk membuat akun baru, mengatur disk space, pembatasan, dan mengelola semuanya dari web server setup untuk database dan pengguna.

Pastikan perusahaan penyedia web host yang kita pilih meyediakan control panel seperti cPanel, serta client management dan billing software seperti WHCMS.

1. Buat website ecommerce berkualitas

Peluang bisnis reseller web hosting di Indonesia masih sangat besar, sehingga kita perlu untuk mengembangkan website yang berkualitas tinggi dengan dukungan ecommerce dan optimasi mesin pencari (SEO). Pastikan website bisa menangani pelanggan yang melakukan sign-up dan pembayaran yang termasuk help desk untuk dukungan.

2. Hukum dan dokumentasi bisnis

Setelah kita memilih web host dan membangun sebuah website ecommerce yang besar, kita harus memastikan bahwa memiliki dokumentasi bisnis. Kita akan membutuhkan dokumen seperti kontrak hosting, perjanjian layanan, dan panduan untuk pelanggan baru. Konsultasikan kepada praktisi hukum untuk mengantisipasi setiap masalah yang mungkin muncul di jalan.

3. Pemasaran

Membangun basis pelanggan adalah tantang terbesar bagi seorang reseller. Kita harus memiliki usaha yang signifikan untuk membuat website agar mudah ditemukan pelanggan dan menarik. Iklan mungkin adalah cara yang mahal, jadi cobalah untuk mencari cara-cara kreatif untuk memasarkan bisnis kita sendiri secara gratis, misalnya melalui media sosial, Blogging, dan memanfaatkan kontak kita sendiri. Maksimalkan otomatisasi pemasaran dan lead-nurturing software untuk mengelola hubungan baik dengan pelanggan.

Menjadi reseller bisa berguna dan mendatangkan banyak keuntungan jika kita meletakkan dasar bisnis kuat dan benar. Kuncinya adalah jangan mudah menyerah dan jangan takut gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *