10 Alasan Anda Harus Blogging Untuk Website Bisnis

coffee

Pemilik bisnis kecil selalu bingung ketika akan memutuskan apakah mereka perlu membuat sebuah blog untuk diparalelkan dengan website. Banyak entrepreneur yang tidak punya cukup waktu dan kemampuan untuk memproduksi sebuah konten yang berkualitas, oleh karena itu mereka sering kali melewatkan pentingnya blogging bagi website bisnis mereka. Padahal, publikasi konten dan marketing adalah bagian penting saat membangun bisnis online, dan artikel ini akan membeberkan beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan jika memiliki blog untuk website bisnis.

Haruskah Saya Memiliki Blog Selain Website Bisnis Resmi?

Jawabannya adalah ya. Kamu akan melihat bahwa memiliki blog akan memberikan banyak manfaat bagi bisnismu. Beberapa entrepreneur lebih memilih menggunakan platform blogging yang gratis seperti WordPress atau Weeblu karena kemudahan pengoperasian dan tentunya jika dilihat dari segi biaya.

Peningkatan Traffic Pencarian

Blogging, jika dilihat dari fungsi dari ranking mesin pencari, sama seperti memancing: ketika kamu menebarkan banyak umpan di air, semakin besar kemungkinan kamu menangkap sesuatu. Hampir sama dengan blog, ketika kamu meningkatkan konten dalam website, akan semakin banyak halaman yang akan terindeks dalam halaman hasil di mesin pencari. Dengan begitu, visibilitas pencarian organik juga akan meningkat, dan efek lainnya juga akan berdampak pada traffic website.

Melalui blog, kamu memberikan semakin banyak peluang bagi target market untuk berinteraksi dengan brandmu, dan tentunya meningkatkan peluang untuk masuk dalam ranking teratas melalui keyword-keyword yang kamu gunakan dalam konten blog.

Brand Awareness

Jika kamu ingin mempersonalisasi brandmu, tunjukkan brandmu dengan lebih personal, postingan di blog bisa memberikan lebih dari konten website pada normalnya seperti halaman about us atau homepage. Dalam blogmu, kamu bisa membahas tentang masalah konsumen dan berbagai hal dengan cara yang lebih pribadi dengan mengkomunikasikan hal-hal yang kamu ingin beritahukan tentang bisnismu.

Kamu bisa menggunakan blogmu untuk menuliskan tentang karakter bisnis atau para karyawanmu. Berikan sebuah pengalaman user yang tidak bisa audiensmu dapatkan dari website pada umumnya. Makin lama kamu akan membangun awareness, rasa percaya dan likeability terhadap brandmu.

Mendukung Strategi Media Sosial

Tanpa adanya konten yang unik dan berkualitas untuk dibagikan, akan sangat sulit untuk menjalankan semua strategi media sosial yang sudah kamu rancang. Memang, kamu bisa membagikan konten bermanfaat dari orang lain pada audiens media sosialmu,  tapi bukankah akan baik jika kamu memanfaatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan target marketmu menggunakan kontenmu sendiri?

Ketika kamu membagikan konten di media sosial, kamu meningkatkan traffic secara langsung ke situsmu dan membangun awareness tentang perusahaanmu lebih jauh. Hal ini bisa menjaring leads, sesuatu yang sangat sulit didapatkan tanpa adanya konten yang fresh, relevan, dan berkualitas.

Kamu juga bisa menggunakan konten yang kamu bagikan dalam blog untuk membuat newslettes dan mengirimkannya ke email para subscribermu. Kemudian, kamu bisa menggiring mereka mengunjungi situsmu untuk informasi selengkapnya. Konten yang berkualitas sangat bermanfaat untuk membantu strategi email marketingmu bukan?

Menunjukkan Kepemimpinan dan Otoritas

Kamu bisa menggunakan blogmu sebagai salah satu tools efektif untuk menunjukkan diri dalam mesin pencari sekaligus ke target audiensmu bahwa kamu adalah seorang yang ahli dan memiliki otoritas dalam industri. Hal ini memberikan kesempatan bagimu untuk membagikan semua insight dan informasi penting yang berhubungan dengan industri. Dengan adanya informasi bermanfaat yang audiensmu dapatkan terus menerus, mereka akan mulai membangun rasa percaya pada brandmu dan menganggap brandmu sebagai sumber informasi penting. Dengan begitu mereka akan terus mengikuti setiap update post yang kamu buat. Semakin banyak traffic maka kamu akan muncul dalam halaman pertama hasil pencarian di Google dan berpeluang tinggi untuk mendapat leads dan konversi.

Mendorong Terjadinya Konversi

Mengupdate blog secara rutin menunjukkan pada klien dan calon konsumen bahwa kamu menjalankan bisnis yang aktif, dan kamu harus berusaha untuk memastikan bahwa blogmu termaintain dengan baik. Konten relevan berkualitas yang selalu ada memberikan banyak dampak positif seperti rasa pecaya, dan bahkan loyalitas brand, di mana hal tersebut bisa meningkatkan rate konversi dan revenue. Penelitian menunjukkan bahwa bisnis yang memiliki blog aktif memiliki ROI yang lebih baik,. Oleh karena itu, menjaga eksistensi dan keaktifan blog sangat penting.

Long-Tail Query Ranking

Bisnis kecil memiliki kesulitan lebih untuk mendapatkan ranking yang tinggi untuk kata kunci yang short-tail karena bisnis dengan market yang lebih besar menggunakan kata kunci yang juga serupa/ bahkan sama. Namun tanpa adanya konten blog, kamu juga akan sulit mendapatkan ranking untuk keyword yang long-tail karena kamu hanya bisa merepresentasikan kata kunci itu melalui konten di blog, bergantung pada pencarian organik pertanyaan dengan tema yang berhubungan.

Blogging membantumu menargetkan long-tail queries karena bisa digunakan di bagian judul. Mereka lebih sering dipilih karena meskipun hanya menjaring traffic yang tak terlalu tinggi, spesifikasi yang lebih tinggi mendorong konversi yang lebih baik di sini.

Kesimpulan

Memberikan insight unik melalui blogging adalah cara yang ampuh untuk membangun identitas brand dan otoritas secara alami. Dengan ini, kamu juga bisa membangun traffic, leads, dan konversi jika lebih banyak berinteraksi secara langsung dengan audiens. Blogging juga membantu strategi online marketing terutama bagi website bisnis kecil yang seringkali terkendala dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *